Sabtu, 14 Januari 2017

Cara Cepat Membuat Sampling Keyboard Menggunakan Laptop

Cara Cepat Membuat Sampling Keyboard Menggunakan Laptop - Banyak keyboard serta aplikasi yang dikala ini sudah menyediakan fasilitas custom sampling, maknanya kita mampu memasukan bunyi apapun ke dalam keyboard atau aplikasi tersebut buat difungsikan dalam keluaran musiknya. kehadiran fasilitas custom sampling ini amat menolong buat menerima warna bunyi (timbre) yang kita inginkan.


Padanya lazimnya pemarea terstruktur mengenai sampling ini terbagi tiga :
  • single sampling : cuma satu sample buat seluruh not, tuts, oktaf serta velocity
  • multi sampling : satu not, oktaf, serta velocity mampu berisi searea sampling
  • loop sampling : sampling berbentuk looping (satu putaran berulang-ulang)

Buat memasukan sampling ini ke keyboard atau aplikasi, adanya tiga levelan utama yang akan dilantasi :
  • record : merekam sampling
  • slice : memotong area sampling yang diinginkan
  • patch : menempatkan (assign) sampling itu ke not, tuts atau velocity yang diinginkan

Cara Mudah Sampling Keyboard Korg

1. Record
aku akan terangkan merekam mengfungsikan computer, bukan mengfungsikan fasilitas record di keyboard.
  • siapkan instruments atau asal pati bunyi lain yang akan disampling, baik itu alat music, atau asal pati bunyi lain mirip bunyi insan, angin, dll
  • hubungkan asal pati bunyi dengan computer, perhatikan apa melantasi line in atau mic in. apakalau merekam dari keyboard, vcd player, dll bermakna melantasi line in, apakalau merekam mengfungsikan microphone, bermakna melantasi mic in.
  • sesudah asal pati bunyi terkait dengan benar ke computer, setting pengaturan soundcard, apakalau anda mengfungsikan soundcard dari motherboard computer anda, lihat pengaturannya di control panel-> sound
  • rekamlah mengfungsikan aplikasi. adanya banyak aplikasi yang mampu merekam baik itu yang gratisan ataupun berbayar. atau mengfungsikan aplikasi sound recorder bawaan windows juga mampu.
  • rekamlah menjadi format minimal wav 44.1khz 16bit

2. Lice
Sesudah asal pati bunyi terekam, selanjutnya kita akan memotong (slice) area bunyi yang ingin kita sampling dari akibat reksafe tadi. mampu menggungkan aplikasi wav editor mirip wavelab, cool edit, adobe edition atau aplikasi-aplikasi vwangsito editing. harapanlkan aplikasi tersebut mampu memotong file wav.

Dari gambar di atas, terlihat waveform akibat reksafe kita, serta adanya area garis kosong di awal. area garis kosong itulah yang akan kita hapus, supaya sampling reksafe tersebut terletaknya sempurna di time 00:00
buat memperbeliah pemotongan, zoom waveform supaya mampu menatap dengan terang awal pangkal sampling. posisikan cursor disana, blok serta hapuslah (delete) area yg kosong tersebut. 

Sesudah di hapus, tersebutkan kini sampling sudah benar-benar terletaknya di time 00:00
buat levelan yang lebih komplit, anda masih mampu terlebih dahulu mengedit file sample anda tersebut, apa buat istiadanyatlize, eq, memperbanyak fx, dll.

Simpan file tersebut serta sampling sudah mampu difungsikan. sebagai misal, file tersebut aku simpan dengan nama “gensertag sertagdut solfegio.wav”.

3. Patch
Langkah berikutnya merupakan menempatkan (patch) sampling ke keyboard atau aplikasi yang kita fungsikan. sebagai misal :
  • keyboard korg pa800

tekan menu sound di grup mode (sepisah kiri atas), lantas tekan record.
tekan segitiga di pojok kanan atas  serta klik load sample. cari sampling kita tadi, sebagai misal aku akan load file “gensertag sertagdut solfegio.wav”

sesudah ketemu, klik write.
sound sampling sudah terletaknya di memori internal (ram) korg pa800. serta sudah mampu anda daerahkan di di antara not, misalnya di drum kit.
langkah selanjutnya anda mampu membaca buku manual korg pa800.
  • aplikasi battery 3 (native instrument)

 - buka aplikasi battery 3, klik kanan padanya di antara cell yang kosong, klik add sample

 - cari file sampling kita tadi, sebagai misal aku akan load file “gensertag sertagdut solfegio.wav”

 - jika nama file sudah tampil di cell tersebut, tersebutkan sample sudah di patch serta siap buat difungsikan di aplikasi battery.

Demikian penterangan singkat wacana bikin sampling. searea perihal yang perlu diperhatikan :
  • sesemakin baik media rekam (aplikasi, soundcard, microphone, preamp, dll) tersebutkan sesemakin baik akibat reksafe yang dibisakan
  • rekamlah sampling di ruangan yang minim dari bunyi bising, sesampai cuma bunyi yg diinginkan saja yang akan terekam
  • jika mengfungsikan microphone, aturlah posisi microphone ke arah terbaik terhadanyap asal pati bunyi. tidak selantas terletaknya di garis lurus dengan asal pati bunyi.
  • buat menerima sound sampling yang benar-benar baik serta detil, amat diperlukan peralatan yang memadanyai serta system yang kompleks.

Sampling mampu dikhasiatkan sebagai sound module (asal pati bunyi tambahan) buat dimainkan melantasi midi di keyboard. lain masa akan aku tuliskan wacana bikin sound module.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar